V I S I

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Teknik Sipil D-3 yang unggul dan menghasilkan lulusan dibidang Teknik Sipil yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasar tenaga kerja baik nasional maupun regional.

 

M I S I

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat menguasai ilmu Teknik Sipil, dan dapat memberikan kontribusi pada pembangunan masyarakat Indonesia.
  2. Melakukan penelitian teknologi  tepat  guna di bidang Teknik Sipil.
  3. Memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat di bidang Teknik Sipil.

 

PROFIL LULUSAN

  1. Pelaksana konstruksi bangunan sipil: Ahli madya yang mampu melakukan pelaksanaan dari tahapan dan metode pelaksanaan serta memastikan tercapainya target konstruksi bangunan sipil dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan konstruksi, K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses konstruksi bangunan sipil di wilayah kerjanya.
  2. Pengawas konstruksi bangunan sipil: Ahli madya yang mampu melakukan pengawasan dari tahapan dan metode pelaksanaan untuk memastikan tercapainya target konstruksi bangunan sipil dengan memperhatikan syarat teknis terkait target konstruksi, K3 dan aspek lingkungan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

A. SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia.
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

B. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan  perancangan   rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas1, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil.
  2. Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan  standar.
  3. Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan sipil.
  4. Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya.
  5. Menguasai prinsip ilmu lingkungan, pengetahuan faktual tentang analisa mengenai dampak lingkungan (amdal).
  6. Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis).
  7. Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan sipil.
  8. Menguasai prosedur dan standar kerja (sop) bangunan sipil di area praktikum, studio dan   kegiatan laboratorium.

C. KETERAMPILAN UMUM

  1. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan menganalisis data serta metode yang sesuai dan  dipilih dari beragam metode yang sudah maupun belum baku dan dengan menganalisis data.
  2. Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  3. Memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif, dilaksanakan dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
  4. Menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya.
  5. Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  6. Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

D. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas1, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil.
  2. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan jalan dan jembatan yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik.
  3. Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi.
  4. Mampu menggambar teknik bangunan sipil untuk mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan spesifikasi teknis secara manual dan/atau menggunakan perangkat lunak.
  5. Mampu melakukan pekerjaan pengukuran tanah (site surveying) untuk bangunan sipil guna mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi dengan menggunakan peralatan terkini yang disajikan dalam format gambar ukur.
  6. Mampu membuat estimasi biaya dan membuat deskripsi butir pekerjaan dari perencanaan teknis bangunan sipil dengan mengacu pada gambar teknis, spesifikasi teknis, menyusun jadwal pelaksanaan pekerjaan untuk menghasilkan bill of quantity (bq) dan biaya proyek.
  7. Mampu melakukan pengujian dan kontrol mutu berdasarkan prosedur dan standar uji bahan konstruksi, uji kelayakan tanah, mengolah data uji dan membuat laporan pengujian untuk keperluan fase konstruksi.
  8. Mampu merealisasikan perancangan teknik4 (detail engineering design) sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, rencana kerja dan syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan.
  9. Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi.

E. GLOSARIUM, Skala terbatas :

  1. Untuk perancangan, meliputi (a) bangunan jalan terbatas yang kompleksitasnya pada jalan umum di perkotaan dan/atau antar kota dengan menggunakan teknologi baku saat ini, (b) bangunan jembatan bentang pendek (terbatas kompleksitasnya), (c) bangunan air terbatas kompleksitasnya meliputi komponen dari bangunan air.
  2. Untuk pelaksanaan dan pengawasan, meliputi bangunan jalan umum, bangunan jembatan minimal tipe konvensional dan bangunan air.

Perancangan teknik (engineering design) : produk dari proses perancangan (tingkat kompleksitasnya) berbasis standar, pedoman teknis dan referensi teknis meliputi : hasil analisis, gambar desain, Rencana Kerja dan Syarat (spesifikasi teknis), dan Rencana Anggaran Biaya.

Standar konstruksi : Standar Nasional Indonesia dan/atau Norma-Standar-Pedoman dan Manual3 (acuan teknis, standar dan pedoman yang berlaku yang diterbitkan dan disahkan oleh Kementerian yang berwenang atau design codes and standard yang berlaku di wilayah kerjanya).

Perancangan teknik rinci (detail engineering design)4 : produk dari proses desain rinci meliputi: esensi perancangan, hasil analisis, gambar desain, Rencana Kerja dan Syarat (spesifikasi teknis), dan Rencana Anggaran Biaya.

 

INDUSTRI PENGGUNA

  1. Perusahaan Jasa Konsultan Perencana Infrastruktur.
  2. Perusahaan Jasa Konsultan Pengawas Infrastruktur.
  3. Perusahaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi.
  4. Perusahaan Jasa Kontraktor Infrastruktur.
  5. Staf Pelaksana Teknik dan / atau Pengawas Teknik di Pemerintah (Tingkat daerah sampai pusat).

 

KEUNGGULAN LULUSAN

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil, memilih metode  konstruksi yang sesuai dari beragam standar pelaksanaan konstruksi, mampu menganalisis data teknis, serta mampu menunjukkan kinerja pelaksanaan konstruksi sesuai dengan mutu yang disyaratkan dan kuantitas yang terukur.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan bangunan sipil secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah konstruksi bangunan sipil secara prosedural.
  3. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sesuai jabatan kerjanya dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

teknik sipil d3

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL PROGRAM DIPLOMA III

  1. MAMPU MENGEMBANGKAN NILAI DAN SIKAP MANDIRI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS, BERPEDOMAN KEPADA MOTTO TEPAT WAKTU, ATURAN, UKURAN, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, SERTA ETIKA PROFESI, GUNA MENGAKOMODASI TANTANGAN PERKEMBANGAN PASAR KERJA.
  2. MAMPU MENGGALI DAN MENERAPKAN PERKEMBANGAN ILMU TEKNIK SIPIL.
  3. MAMPU MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN TENTANG ILMU TEKNIK SIPIL, DALAM KERANGKA MENJAMIN MUTU PEKERJAAN, MELALUI AKTIVITAS PELAKSANAAN, DAN PENGAWASAN.

LABORATORIUM MEKANIKA TANAH

LABORATORIUM BETON

LABORATORIUM JALAN RAYA

STUDIO GAMBAR

LABORATORIUM AUTO CAD

LABORATORIUM STAAD PRO / SAP 2000

1. Prof. Dr. H. Dwiyono, MT.

  • Pendidikan Terakhir : S3 Universitas Padjadjaran
  • Bidang Keahlian        : Manajemen

2. Dr. Samun Haris, MT.

  • Pendidikan Terakhir : S3 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Teknik Jalan Raya

3. Dr. Legowo

  • Pendidikan Terakhir : S3
  • Bidang Keahlian        : Sumber Daya Air

4. Dr. Winskayati, MT.

  • Pendidikan Terakhir : S3
  • Bidang Keahlian        : –

5. Dr. Ilyas Suratman

  • Pendidikan Terakhir : S3 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Mekanika Tanah

6. Dr. Kinley Aritonang, Ir., M.Sc.

  • Pendidikan Terakhir : S3
  • Bidang Keahlian        : –

7. Dr. Suryati Siregar, DEA.

  • Pendidikan Terakhir : S3
  • Bidang Keahlian        : –

8. Gunawan, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Konstruksi

9. Nono Suhana, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Struktur

10. Hetty Fadriani, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Sistem Transportasi

11. Yudi Sukaryadi, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2
  • Bidang Keahlian        : –

12. Gumilang, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Teknik Jalan Raya

13. Ebby Hermawan, ST, MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Kosntruksi

14. Nurcaweda Riztria Adinda, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Konstruksi

15. Hary Bagia, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Teknik Jalan Raya

16. Dedy Endang Koswara, ST, MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Infrastruktur

17.  Diah Affandie, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2
  • Bidang Keahlian        : –

18. Hamdani Setiawan, S.Si., MT. 

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Fisika Terapan

19. Dian Nursantika, ST., MCs.

  • Pendidikan Terakhir : S2
  • Bidang Keahlian        : –

20. Budi Nuryono, ST., M.Psda

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Sumber Daya Air

21. Mangambit JS, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Sumber Daya Air

22. Darmono, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Sangga Buana
  • Bidang Keahlian        : –

23. Iman Hidayat, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Sangga Buana
  • Bidang Keahlian        : Infrastruktur Transportasi

24. Yakub Siahan, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Sumber Daya Air

25. Didik Trimo, S.Ir., M.Eng.

  • Pendidikan Terakhir : S3 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Teknik Jalan Raya

26. Siswanto, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Sangga Buana
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Transportasi

27. Andrew Ghea M, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Sangga Buana
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Transportasi

28. Ruhiyat Hendrayana, Ir., M.Si

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Ahmad Yani
  • Bidang Keahlian        : Geoteknika

29. Andi Kusumah, ST., MT

  • Pendidikan Terakhir : S2 Universitas Parahyangan
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Koonstruksi

30. Vitalis Paulus Lette, ST., MT.

  • Pendidikan Terakhir : S2 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Teknik Jalan Raya

30. Eko Bayu Wardana, Ir.

  • Pendidikan Terakhir : S1 Institut Teknologi Bandung
  • Bidang Keahlian        : Geoteknik

31. Herman Susilo, ST.

  • Pendidikan Terakhir : S1 Sekolah Tinggi Teknologi Mandala
  • Bidang Keahlian        : –

32. Ika Sartika, ST.

  • Pendidikan Terakhir : S1 Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung
  • Bidang Keahlian        : Manajemen Konstruksi

Materi pembelajaran yang dapat di unduh oleh Mahasiswa Program Studi Mesin Jenjang D3: